Sepeda Fixed Gear / Fixie / The Doortrapper



Sepeda Fixed Gear(Gir Paten) atau sering disebut juga Fixie merupakan jenis Sepeda dengan percepatan tunggal(Single Speed) dan sistem penggeraknya(Drivetrain) tetap(fixed). Dengan sistem ini sepeda dapat bergerak maju ketika dikayuh kedepan dan bergerak mundur jika dikayuh kebelakang. Sehingga pengendara diharuskan untuk mengayuh(gowes) terus agar sepeda bisa tetap melaju. Untuk memberhentikan sepeda, pengendara harus mengurangi putaran pedal dengan cara menahan atau melawan arah putaran pedal yang disebut teknik Skid. Teknik ini bisa kita lakukan dengan pemasangan Toe Straps dan Toe Clip pada pedal atau juga menggunakan Sepatu Cleat. Bagi yang belum terbiasa dan menjaga keselamatan tetap dianjurkan pemasangan Rem dibagian depan atau belakang. Karena sepeda ini tidak seperti mekanisme Freewheel yang memberikan kebebasan berputarnya roda belakang secara terpisah dari Pedal.


SEJARAH FIXED GEAR
Konsep sepeda Fixed Gear yang sederhana sebetulnya bentuk paling tua dari sebuah sepeda. Generasi awal sepeda umumnya hanya sebuah Frame, Roda, Pedal, Handlebar, Sadle dan Rem. Seiring berkembangnya teknologi bermunculan sistem-sistem baru seperti FreeWheel, Torpedo, Suspension, Deurailer dsb. Graeme Obree pembalap sepeda yang berhasil memegang rekor "Hour Record" dari Inggris berkata: "Anda bisa menambahkan komponen apa saja pada sebuah sepeda, tapi akan ada saatnya dimana Anda tidak dapat mengurangi komponen sebuah sepeda tanpa mengurangi fungsi dasarnya, Itulah Fixed Gear".

Mengenai sejarah awal mula sepeda Fixed Gear, banyak sekali artikel dan pendapat yang berbeda-beda. Saya cek dan baca beberapa artikel yang relevan berikut informasinya:

Awalnya sepeda Fixed Gear digunakan untuk perlombaan di Velodrom(Sebuah lintasan sepeda yang melingkar dengan kemiringan tertentu) atau kompetisi Trackbike. Di Jepang sendiri sudah menjadi tradisi dengan nama perlombaan Keirin.

Lalu dibeberapa kota modern seperti New York yang sangat padat mobilitas masyarakatnya berkesinambungan dengan kebutuhan layanan antar surat, berkas, paket yang cepat dan tepat. Keberadaan kurir atau messenger menjadi vital.
Seperti halnya di Indonesia pada era sebelumnya, Loper Koran atau juga Bapak POS pengantar surat biasanya menggunakan Sepeda sebagai alat transportasinya.
Kurir di kota New York dituntut untuk mengantarkan surat atau berkas dengan cepat dan tepat, mereka biasanya menggunakan sepeda jenis RoadBike. Namun dikarenakan komponen sepeda ini cukup banyak begitupula dengan perbaikannya. Mereka beralih dengan sistem Single Speed dan Fixed Gear. Sepeda menjadi sederhana dan melajunya lebih stabil karena mengendarai FixedGear seolah-olah tubuh kita menyatu dengan sepeda.

BAGIAN SEPEDA FIXED GEAR
Dahulu sekitar tahun 70-80an sepeda dengan sistem fixed gear ini sudah umum di Indonesia dengan bentuk sepeda Kumbang penamaannya dikenal sebagai sepeda doltrap(Doortrapper bahasa Belanda) .
Sepeda Fixed Gear terdapat dua kategori yaitu Track Bike bentuknya seperti sepeda balap atau Road Bike dan Trick Bike seperti sepeda BMX dengan geometri yang lebih besar.

-Update-
Powered by Blogger.