Smartphone OPPO N1 Mempermudah Aktifitas Hobi Saya



     Semua orang di dunia ini pasti memiliki hobi seperti: Olahraga, baca buku, jalan-jalan, makan, berkendara, memancing, fotografi, menulis dan tidur-tiduran (hehe, bagi pemalas ya). Nah, hobi saya saat ini mendengarkan musik alterntive-rock salah satunya band Paramoreblogging, travelling dan bersepeda. Sepeda yang saya gunakan adalah Fixed Gear atau kebanyakan orang bilang Fixie Bike. Sedikit ulasan Fixed Gear itu menggunakan sistem percepatan tunggal dan gir yang tetap. Jadi, apabila digowes kedepan sepeda maju dan jika digowes ke belakang akan mundur.
     Bersepeda biasanya dilakukan setiap hari minggu saat acara Car Free Day. Untuk menemani perjalanan saya sendiri membutuhkan smartphone atau gadget yang sangat praktis, cepat dan serba guna. Seperti telpo/sms, layanan internet, kamera untuk mengabadikan momen bersepeda, musik, panduan peta untuk penjelajahan.
     Setelah melakukan pencarian gadget sana-sini di internet, akhirnya saya menemukan sebuah merek international yaitu OPPO yang sudah meluncurkan smartphone terbaru dengan nama Oppo N1. Yang membuat produk ini unik dan unggul dari merek lainnya yaitu adanya fitur Rotating Camera, O-Click Bluetooth Remote Control dan O-Touch-sensitive panel dibagian belakang.





Sejarah OPPO Electronic


     
OPPO Electronic Corp, Ltd didirikan pada tahun 2004 di kota Dongguan, Guangdong, China yang memproduksi peralatan elektronik seperti: Portable Media Player, MP3 Player,  LCD TV, eBook, DVD, dan Disc Player. OPPO Electronic berhasil memasarkan produk-produk berkualitas tingginya ke berbagai negara di benua Amerika, Eropa dan Asia.

     Melihat pangsa teknologi mobile yang sedang berkembang, pada tahun 2008 OPPO Electronic mulai memasuki dunia smartphone dengan tetap mempertahankan kualitas dan layanannya. Terbukti pada pertengahan tahun 2012 mereka berhasil memproduksi smartphone tertipis di dunia saat itu yakni Oppo Finder dengan ketebalan 6,65 mm. Lalu Oppo ULike2 smartphone pertama didunia dengan kamera depan 5 megapixel. Dan diakhir tahun 2012 mereka kembali menggebrak teknologi baru dengan penggunaan HDR pertama di dunia pada smartphone. Yaitu Oppo Find 5 yang mempunyai layar 5inci 1080p dan kamera 13 megapixel dengan sensor CMOS.




     Untuk mempertahankan kualitas dan layanan, OPPO memastikan bahwa produk-produknya menggunakan hardware terbaru dan yang terbaik. Melalui departemen Recearch and Development yang unik dan independen OPPO merancang, mengembangkan, memanufaktur, memasarkan, dan menjual produknya sendiri. Sehingga mereka memiliki kendali penuh atas rantai suplai produknya, mulai dari pabrik sampai ke tangan para pelanggan.


     Untuk pangsa pasar Indonesia, OPPO secara resmi hadir pada bulan April tahun 2013 lalu dengan menggelar acara grand launching smartphone Oppo Find 5 dengan tema 'Find the Fifth Element'. Acara tersebut dihadiri oleh CEO PT. OPPO Indonesia Electronics, Jet Lee serta brand ambassadornya yaitu Nicholas Saputra dan Dian Sastrowardoyo.
     Dan pada hari Rabu, 16 Oktober 2013 lalu PT. OPPO Indonesia Electronics sudah memperkenalkan smartphone terbaru mereka kehadapan khalayak masyarakat Indonesia yaitu Oppo N1Berikut spesifikasi dan fitur-fitur dari smartphone terbarunya OPPO:






OPPO N1 Spesifikasi:

  Dimensi dan Display

     Smartphone ini memiliki dimensi, tinggi 170.7 mm x lebar 82.6 mm x ketebalan 9 mm dengan berat sekitar 213 g. Layar yang digunakan bertipe IPS LCD capacitive touchscreen 16 juta warna berukuran 5,9 inch dengan resolusi 1080 x 1920 pixels (~373 ppi pixel density).
    Pada bagian belakangnya terdapat panel sentuh yang dinamakan fitur O-Touch. Fitur ini mendukung sentuhan dengan sistem geser atas-bawah/kiri-kanan(Sliding), ketukan/ketukan ganda(tap/double tap) dan penekanan lama untuk fungsi yang berbeda(long press). Panel O-Touch ini berfungsi untuk navigasi menu dan web browser, sehingga dalam penggunaannya kita  tidak harus berbelit jari pada layar smartphone. 



O-Touch


     "Dengan ukuran layar 5,9 inch nan jernih ini bisa memudahkan saya dalam bersepeda yang sangat membutuhkan fitur GPS Maps sebagai navigasi arah tujuan. Karena, jarak antara smartphone dengan pengguna sepeda sekitar 50 s/d 70 cm ketika diletakkan pada bikecycle holder(alat utk meletakkan gadget pada sepeda atau motor).

     Untuk pergi bekerja, biasanya saya menggunakan angkutan kota(angkot) ke kantor. Ketika duduk berhimpitan diatas kursi angkot, kita masih bisa mengoperasikan Oppo N1 dengan satu tangan saja, karena adanya fitur O-Touch. "


O-Touch ilustrasi


  Konektifitas


     Oppo N1 ini menggunakan kartu SIM Micro dengan frekuensi 2G GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 Mhz dan 3G HSDPA 1900 / 2100 Mhz. Untuk konektifitas data menggunakan teknologi GPRS, EDGE dan 3G/3,5G HSDPA/HSUPA. Tersedia juga fitur Bluetooth 4.0, USB OnTheGo dan NFC untuk kebutuhan transfer data yang lebih cepat. Yang paling penting dari Oppo N1 adalah penggunaan 5G Wi-Fi 802.11 ac yang memiliki kecepatan 3x lebih cepat dari WiFi 4G (802.11n) dan 6x lebih hemat energi. 
Inilah kesungguhan OPPO untuk tetap berinovasi dengan penggunaan teknologi terbaru dan kualitas terbaik pada setiap produknya. 


Oppo N1


     "Saya pribadi sangat antusias dengan teknologi 5G Wi-Fi 802.11 ac pada Oppo N1 yang sangat cepat dan hemat energi ini. Karena smartphone yang saya gunakan saat ini, sangat boros baterai ketika Wi-Fi dinyalakan. Dan memang setiap bersepeda saya dengan komunitas FixedGear selalu beristirahat diberbagai tempat yang tersedia layanan Wi-Fi Hotspot-nya."



  Hardware


     Lanjut kebagian Hardware Oppo N1 ini disokong dengan prosesor Snapdragon 600 quad-core 1,7 GHZ dari Qualcomm, GPU Adreno 320, RAM 2 GB, ROM 16/32 GB dan ditenagai baterai Li-Ion 3.610 mAh. Tersedia juga sensor Accelerometer, Gyro, Proximity, Distance, Light, G-sensor dan compass.

     Dikarenakan tidak adanya slot Micro SD, kita masih bisa melakukan penyimpanan data secara eksternal melalui fitur USB On The Go.
     Inovasi berikutnya yaitu tambahan sebuah aksesoris yang dinamai O-Click.
O-Click bukanlah sekedar aksesoris, melainkan sebuah remote dengan teknologi Bluetooth. Remote ini dapat digunakan sebagai jalan pintas untuk opsi shutter pada kamera Oppo N1Selain itu dapat digunakan juga untuk mendeteksi keberadaan N1 kita. Jarak yang dijangkau remote ini sekitar 50 meter dari smartphone dan jika melebihi, O-Click akan memberikan notifikasi untuk mencegah kehilangan.



O-Click


  Kamera


     Untuk media pengabadian gambar dan video, Oppo N1 menggunakan kamera tunggal beresolusi 13 Megapiksel dengan chip ISP dari Fujitsu, Dual LED Flash, Six Physical Lens, Aperture f/2.0, Blue Glass/AR/AF Coating, Slow shutter scene mode dan Pure Image Photography Solution.

      Mungkin bagi para pembaca saat ini sangat heran dengan Oppo N1 yang hanya menggunakan 1 buah kamera tunggal. Tapi jangan beranjak dulu ya, karena kamera tunggal ini dapat diputar ke bagian depan.


Rotating Camera

     Inilah inovasi yang kembali Oppo hadirkan dalam dunia smartphone dengan Oppo N1 yang kameranya dapat diputar depan-belakang sekitar 206 derajat. Sehingga sistem rotasi ini bukan sekedar pengganti kamera depan saja. Melainkan melebihi fungsi kamera depan smartphone pada umumnya, dikarenakan kualitas dan fitur dalam pengambilan gambar antara bagian depan-belakang yang sama. Dalam pembuatan kamera putar ini Oppo sangat selektif, dengan pengujian hingga 100.000 kali dan hasilnya kamera masih tetap berfungsi dengan baik.



  Sistem Operasi


     Beralih pada bagian sistem operasi, Oppo sangat serius dengan melakukan pengembangan lanjutan dari Android 2.2 dan berhasil membentuk ekosistem baru dengan nama ColorOS. Oppo N1 merupakan smartphone pertama yang berbasis pada sistem operasi ini, dikarenakan semua fiturnya seperti O-Touch, O-Click dan Rotating Camera dapat berfungsi dengan adanya ColorOS. Dengan sistem ini, bukan berarti kita tidak bisa menikmati berbagai aplikasi,widget atau game Android pada umumnya. Melainkan ada penambahan berbagai fitur-fitur unik pada setiap platform-nya. Untuk mempermudah pelanggan mengakses semua layanan tersebut, Oppo menerapkan sistem regsitrasi dengan hanya menggunakan satu akun saja.







  Tabel Spesifikasi

     Berikut tabel rincian spesifikasi OPPO N1 yang bersumber dari gsmarena.com :

GENERAL2G NetworkGSM 850 / 900 / 1800 / 1900
3G NetworkHSDPA 1900 / 2100
SIMMicro-SIM
Announced2013, September

Available. Released 2013, October

BODYDimensions170.7 x 82.6 x 9 mm (6.72 x 3.25 x 0.35 in)
Weight213 g (7.51 oz)
DISPLAYTypeIPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Size1080 x 1920 pixels, 5.9 inches (~373 ppi pixel density)
MultitouchYes
- Touch-sensitive area at the back (O-Touch, supports long press, sliding and double tap)
SOUNDAlert typesVibration, MP3, WAV ringtones
LoudspeakerYes
3.5mm jackYes
MEMORYCard slotNo
Internal16/32 GB, 2 GB RAM
DATAGPRSYes
EDGEYes
SpeedHSDPA; HSUPA
WLANWi-Fi 802.11 ac/a/b/g/n, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, Wi-Fi hotspot
BluetoothYes, v4.0
NFCYes
USBYes, microUSB v2.0, USB OTG
CAMERAPrimary13 MP, 4128x3096 pixels, autofocus, dual-LED flash
FeaturesRotating lens, geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR, long exposure (up to 8s)
VideoYes, 1080p@30fps
SecondaryYes, 13 MP, 4128x3096 pixels, autofocus, dual-LED flash
FEATURESOSColor OS based on Android OS, v4.2 (Jelly Bean)
ChipsetQualcomm Snapdragon 600
CPUQuad-core 1.7 GHz Krait 300
GPUAdreno 320
SensorsAccelerometer, gyro, proximity, compass
MessagingSMS (threaded view), MMS, Email, Push Email
BrowserHTML5

GPSYes, with A-GPS support
JavaYes, via Java MIDP emulator
ColorsWhite
- O-Click Bluetooth Remote Control (bundled)
- SNS integration
- MP4/DivX/XviD/WMV/H.264/H.263 player
- MP3/WAV/eAAC+/AC3/FLAC player
- Google Search, Maps, Gmail,
YouTube, Calendar, Google Talk
- Organizer
- Document viewer
- Photo viewer/editor
- Voice memo/dial/commands
- Predictive text input
BATTERYLi-Ion 3610 mAh battery




Aku dan OPPO N1


     Oppo benar-benar serius dalam produknya dengan menjadi pemimpin inovasi teknologi pada smartphone. Hal ini sudah terbukti dengan hardirnya fitur unik Rotating Camera, O-Click, O-Touch dan pengembangan ekosistem baru ColorOS pada smartphone Oppo N1. Saya sendiri benar-benar menginginkan Oppo N1 ini ada digenggaman untuk mencoba berbagai fitur teknologinya tersebut.

     Dengan layas seluar 5,9 inch disertai fitur navigasi O-Touch dibagian belakang. Pasti akan membuat pengalaman saya lebih seru untuk melakukan Blogging, menonton video, memutar musik, menikmati tampilan weather, theme, widget khas Color OS dan browsing internet tanpa berbelit jari pada layarnya.

     Selain kebutuhan navigasi peta ketika bersepeda, dengan adanya fitur rotasi kamera 206 derajat saya bisa menggunakannya untuk membuat video dokumentasi bersepeda. Bisa juga mengambil momen-momen indah bersama keluarga, kerabat, teman hingga seluruh anggota komunitas sepeda dengan menggunakan fitur remote O-Click akan tetap membawa saya untuk ikut serta dalam foto.
     Sekali lagi saya sangat menginginkan smartphone Oppo N1 ini menjadi perangkat mobile asisten pribadi saya. Karena ditahun 2014 nanti saya akan mencoba untuk melakukan backpacker ke berbagai daerah di Indonesia. Dan pastinya Oppo N1 ini dapat mempermudah semua perjalanannya. Terima kasih OPPO...






"Bagaikan roda sepeda FixedGear yang hanya bergerak ketika dikayuh untuk sampai pada tujuan. Begitu pula dengan OPPO yang terus berinovasi dengan kualitas dan layanan prima tanpa henti untuk tujuan kepuasan pelanggan"





Sumber informasi:


http://www.oppomobile.co.id
http://en.oppo.com
http://www.wikipedia.org/
http://www.kompas.com/
http://www.youtube.com
http://www.google.com
Powered by Blogger.